Peduli, Lindungi


Source image: selular.id

Kemarin, setelah mandi, dah ganteng dan bersiap berburu stok pangan untuk memenuhi nutrisi selama karantina, dapat broadcast-an di GWA kost-an, isinya informasi kalo Kementrian Kominfo dan Kementrian BUMN telah berkolaborasi guna mendevelop sebuah aplikasi untuk tracing, tracking, dan fencing. Aplikasi salah satu ikhtiar yang dikembangkan guna memutus rantai penyebaran dan mencegah pandemi covid-19 di Indonesia.

Karena penasaran gimana cara kerjanya dan gimana model aplikasinya, aku langsung meluncur cek ke playstore, karena daku pengguna android. Dan ternyata udah ada di playstore loh! Coba untuk pengguna iPhone ntar infoin ya udah ada di AppStore apa belum. Aku mau ngecek tapi gapunya iPhone :). Oiya, search di playstore dengan keyword,


PeduliLindungi


Nah, setelah berhasil nginstall aku langsung coba buka aplikasinya. Muncul flashscreen nya, terus ada pengenalan singkat si aplikasinya dengan fitur-fiturnya. Kalo udah dibaca dengan seksama langsung pencet ‘Jadi Partisipan’ aja.

        




Dan iyak betul, aplikasi ini akan bekerja sangat powerfull jika kita masing-masing saling bekerjasama. Saling peduli dan partisipasi masing-masing kita untuk saling membagikan data lokasinya saat bepergian keluar rumah.

         
Screen login

Nah, setelah itu diarahkan buat ngisi nama lengkap masing-masing dan nomor handphone yang aktif ya, jangan yang dalam masa tenggang. Kalo udah lengkap ngisinya pencet tombol ‘Kirim OTP’, ntar lanjut ke screen verifikasi OTP terus kalo udah masukin one-time password nya pencet Tombol Verifikasi.
          
Screen verifikasi

Screen persetujuan, ada tiga point penting yang perlu dibaca dan dipahami dengan saksama. Kemudian kalau udah setuju, pencet tombol ‘Saya Setuju’.
          
Screen persetujuan

Lalu izinkan aplikasi untuk mengakses bluetooth dan akses lokasi dengan mengaktifkan gps. Ketika ada gawai lain yang terdaftar di sistem PeduliLindungi maka akan ada pertukaran id anonim yang akan direkam oleh masing-masing gawai tersebut.
          
Nofication

Pastikan keluar kaya gitu di notif nya, itu bearti aplikasinya sedang running.
          
Screen home

Ini tampilan screen home nya. Ada keterangan update terakhir dengan warna hijau kalo sedang di tempat yang aman.

Setelah mengeksplore PeduliLindungi, aku melanjutkan jihad untuk berburu stok pangan ke luar dengan starter pack lengkap. Topi, jaket, celana panjang, masker.

Pas di tempat belanjaan, sambil nunggu mbak kasir nge-scan barang belanjaan, aku buka handphone lalu muncul gini,
          
Red zone alert

Yak si PeduliLindungi ngasih tau kalo aku sedang berada di zona merah, terus kalo udah sekitar 30 menitan di tempat yang masuk zona merah aplikasi ini akan ngasih tau lagi. Cakep!

Terimakasih developer dan tim.



-SEEYOUU
When I See You (*)
4 komentar

4 komentar :

  1. Wah gile ini baru tahu ada beginian. Bakal gue coba nih kalo pas lagi harus keluar rumah. Thank youuuh!

    BalasHapus
  2. App-nya rutin update, jadi tambah keren skrng, semakin bisa diandalkan buat ngingetin pas harus ke luar rumah. Selamat mencoba sensei!

    BalasHapus
  3. Kalau membaca ulasannya aplikasi ini sepertinya perlu dicoba mas, apalagi ada notif seperti itu, saya coba dulu. Trimakasih infonya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Samasama mas. Aplikasinya rutin update, jadi semakin keren lagi. Selamat mencoba mas.

      Hapus

Dipersilakan kotori kolom komentarnya.
Terserah mau komen apa, tapi harus sopan ya!