Kapan wisuda? Lama banget?
Udah berapa tahun kuliah?
Jangan molor lo ya!
Jangan molor lo ya!
Kadang bingung dengan orang-orang. Kalau ada yang lulus lama
biasa tuh ditanyain begitu kan. Bikin kayak ada rasa malu, minder gitukan jadinya
kenapa belum lulus-lulus.
Terus maksudnya ya kenapa sih orang-orang ini kayak tidak
mengerti bahwa setiap orang itu punya timeline
nya masing-masing. Tidak bisa dipukul rata seperti itu. Sepertinya sudah
mendarah daging di masyarakat lingkungan ini nih ya. Yang kuliah itu maksimal 4
tahun, kalau lebih bearti ya emang bego. Selesai kuliah itu harus pegawai
negeri, kerja itu di bumn, kerja kantoran. bla bla bla bla...
Dan anehnya itu, seolah memandang aneh terhadap orang yang
lulus lama. Aku percaya setiap individu memiliki timeline nya masing-masing yang nggak sesuai seragam. Bisa aja dia
tidak lulus 4 tahun ya karena dia ada rencana lain yang berbeda dengan timeline orang-orang yang seragam. Dan penyeragaman ini pasti ada, tapi kalo
kita nggak sesuai ya gapapa dong? memangnya kenapa? gapapa kan harusnya?
Misal gini lulus SMA di umur 17 atau 18, terus masuk kuliah di umur 18, lulus di umur 22, kemudian kerja di umur 22, 23 s.d 25, terus di umur 26 nikah. Seperti itu kan biasanya seragamnya orang Indonesia.
Misal gini lulus SMA di umur 17 atau 18, terus masuk kuliah di umur 18, lulus di umur 22, kemudian kerja di umur 22, 23 s.d 25, terus di umur 26 nikah. Seperti itu kan biasanya seragamnya orang Indonesia.
Aku sendiri meng-iya-kan itu ada. Banyak yang mengikuti kayak
gitu, yang sesuai seragam di tempatnya masing-masing, tapi kalau melihat orang
yang lulusnya di umur 25, nikahnya di umur 30, ya kenapa tidak? karena aku
percaya pasti orang tersebut ada alasan gitu dibalik itu. Setiap orang punya
alasannya sendiri-sendiri. Terlepas dari orang tersebut males atau apa, ya.
Pernah iseng tanya temenku, kenapa lulus lama? Lulus lama
karena tidak sesuai passion, jawabnya. Baliknya ke passion, passion, passion.
Nah sekarang, kuliah pasti dibiayai orang tua dong. Ya,
meskipun nggak semua tapi kebanyakan begitu kan. Lalu, kenapa kok nggak selesai-in
kuliahnya terus baru nyari passion-nya ntar setelah lulus kuliah. Karena
tanggungjawabnya kan emang untuk saat ini nyelesai-in kuliah?
Ya emang tidak salah. Tapi itu kembali dengan idealisme
masing-masing orang. Kalau idealismeku, karena idealnya untuk mencari jaringan
buat menemukan hal-hal yang sesuai dengan passion itu adalah membangun dari
saat di masa kuliah. Nah, kalau misal menyelesaikan kuliah dulu baru
berkecimpung di passion itu akan susah. karena ketika selesai lulus kuliah itu
semua kembali dari nol lagi.
-SEEYOUU
When
I See You (*)
Pertanyaan Kapan Lulus
Mau jadi Youtuber, Pak!
Masih inget? Saat ada seorang anak SD menjawab kepada Presiden
ketika ditanya apa cita-citanya. YouTube sekarang ini memang sedang jadi
fenomena. Tapi tidak semua orang suka tampil di depan kamera. Namun, nyaris
semua orang bisa bicara. Bukan sebuah kebetulan jika ada sejumlah Youtuber yang
kini juga memiliki channel podcast.
video: YouTube CNN Indonesia
Pernah ada yang dengar podcast?
Ya, podcast memang populer akhir-akhir ini di khalayak ramai. Eh
nggak tau deng, ntah aku nya yang baru tau atau emang udah populer dari dulu. Podcast
itu episode program yang tersedia di internet. Podcast biasanya rekaman asli
audio atau video, kuliah, seminar, talkshow, curcol atau acara lain. Jadi topik
yang dibahas disini juga beragam banget.
Aku sering dengerin podcast dari
channelnya Radio FM dan Bena Kribo. Keduanya itu kontennya beda. Yang satu
tentang news and entertainment ya
obrolan-obrolan warung kopi gitu, yang satunya tentang motivational things for the yougsters and so on gitu lah.
Jadi kenapa podcast ini menjadi masa depan konten?
- Pertama, Akrab dan personal. Medium paling akrab dengan kita ya audio karena manusia kebanyakan berkomunikasi dengan berbicara dan mendengar.
- Kedua, “Gambarnya” lebih keren. Tidak jarangkan ketika kamu mendengarkan orang bercerita tentang indomie dobel plus telor ditambah cabe 5, akan lebih menggoda ketimbang melihat gambarnya. Karena imajinasi kita jauh lebih canggih daripada kamera paling canggih.
- Ketiga, Bisa disambi dan tidak suka ngatur. Masihkan kamu mau diatur untuk mengkonsumsi media pada jam tertentu? Podcast ini bersifat on demand, jadi kamu bisa mendengarkan podcast sesuai dengan waktumu dan tanpa diharuskan selalu menatap layar / monitor.
- Keempat, Cepat dan Hemat. Konten audio lebih cepat diakses (tanpa harus buffering) dan lebih hemat kuota 🤣🤣
Satu hal: podcast perlahan tapi pasti mulai populer di
Indonesia. I think, itu yang bisa aku share saat ini.
-SEEYOUU
When I See You (*)
Podcast Masa Depan Konten
Sinau – Menikmati teh sambil membaca ditemani pemandangan
sawah.
Pada suatu sabtu sore di bulan Maret aku dan teman-teman
seperjuangan, sesama jomblo, berencana ngopi di Kopi Joss. Namun, selepas
maghrib kok grimis dan jarak tempuh ke lokasi Kopi Joss juga lumayan jauh, yang
ada kita nyampe sana malah kembloh,
akhirnya kita urungkan saja.
Untungnya punya teman seorang ‘Akamsi’, dia ngajak kita buat
nyobain tempat baru. Bukan hanya baru denger namanya dan baru kesana, tapi
emang baru soft opening dan grand opening.
Kedai Teh S I N A U
Yup! Kedai teh ini terletak di Panggungharjo, kecamatan Sewon, Bantul, DI Yogyakarta. Aku juga baru tau ini. Ternyata ada juga toh
rumah bagi penikmat teh. Dimana aku dulu juga pecandu teh sebelum berani
mendekati dan mencoba kopi kayak anak – anak indie.
Layaknya kopi. Teh juga mempunyai ragam jenis dengan ke-khas-an masing-masing. Mulai dari Teh
Melati / Teh Vanilla, Signature, Premium dan Mix.
![]() |
| Signature. Photo: kedaitehsinau |
Sambil nge-teh kita juga bisa membaca buku yang disediakan
kedai teh sinau. Ada buku desain, seni, dan arsitektur. Selain itu kita bisa
diskusi, kolaborasi, maupun pameran karya dengan suasana ruang, furniture, dan
pemandangan alami disini.
Keren!!!
![]() |
| Suasana malam hari |
Kamu penikmat teh waktu maen ke Yogyakarta harus mampir
kesini. Cobain sendiri kenyamanannya!
Video: kedaitehsinau
-SEEYOUU
When I See You (*)
Kedai Teh, Ruang Baca dan Diskusi
Di era digital ini banyak media digunakan pelaku bisnis untuk menjalakan aktivitas bisnisnya. Tidak terkecuali media sosial (medsos) yang sangat menguntungkan karena memudahkan dalam memasarkan produk. Seorang pemilik bisnis online yang berjualan produknya menggunakan media sosial, pasti sangat kesal kan kalau mengalami kejadian-kejadian seperti berikut.
Saat ada calon pembeli menanyakan seluruh informasi produk
yang mau dibeli, nanya ini itu, dan minta dihitungkan sekalian. Namun setelah
mengetahui harga totalnya malah tidak jadi transfer dan menghilang tanpa kabar.
Atau pada saat ada pesan masuk di malam hari, minta dibalasnya
cepat, minta gratis ongkos kirim dan maunya sehari barang sudah sampai. Kan
bikin pusing malam-malam, tidur malam jadi tidak nyenyak.
Yang lebih parah lagi, saat di postingan produk sudah tertulis
detail ukuran, harga, stok serta bahannya tetapi masih juga nanya dan nawar di
chat. Dijelasin malah dikira ketus.
Sebagai pelaku bisnis online tentu tidak mau dong letih dan
lelah merespon hal seperti itu terus-terusan. Maka perlu strategi agar bisnis
online bisa efektif, semakin berkembang dan mendapat hasil maksimal. Salah
satunya dengan memiliki sebuah website resmi.
Kenapa harus website?
Layaknya berjualan di dunia nyata, berjualan di dunia maya
juga butuh sebuah kios atau toko. Dalam hal ini website bisa menjadi asset yang
sangat penting. Karena berfungsi sebagai toko untuk pemilik bisnis online di dunia maya.
Selain itu, kalau toko di dunia nyata mungkin harus ada karyawan dan jam kerja terbatas. Pada website, karyawan bekerja 24 jam 7 hari siang malam berbicara dengan calon pembeli dan memenuhi kebutuhan mereka secara online.
Selain itu, kalau toko di dunia nyata mungkin harus ada karyawan dan jam kerja terbatas. Pada website, karyawan bekerja 24 jam 7 hari siang malam berbicara dengan calon pembeli dan memenuhi kebutuhan mereka secara online.
Ouh... jadi itu alasan kenapa pelaku bisnis online harus
memiliki website? Tidak cuma itu dong! Ada beberapa peran website yang menjadi alasan lain dari berbagai pelaku bisnis yang sukses dengan mempunyai sebuah website resmi.
PEMBELI LEBIH PERCAYA
Orang yang akan membeli televisi pasti pergi ke toko
elektronik dengan tanda nama toko dan dalamnya dipajang televisi,
kipas angin, mesin cuci dan produk elektronik lainnya. Bayangkan tokonya tidak
ada ciri-ciri atau tanda kalau itu sebuah toko elektronik, bisa
dipastikan orang tersebut ragu apakah ini betul toko elektronik.
Kalau di internet, website adalah tujuan pertama yang didatangi
oleh orang tersebut. Maka ketika sudah memiliki website resmi untuk produk pada
bisnis online, calon pembeli akan yakin bahwa tokonya nyata adanya dan
terpercaya.
Saya menanyakan hal ini kepada lima orang teman yang kerap
berbelanja online. Hasilnya tiga dari lima teman saya menjawab lebih yakin dan
suka produk yang memiliki website resmi. Saya sendiri sebelum memutuskan untuk
membeli suatu produk juga suka melakukan kunjungan ke website resmi produk yang
bersangkutan guna memeriksa spesifikasi bahan, harga, sampai cara pembayaran
dan pengirimannya.
BISA UNTUK BISNIS APA SAJA
Kalau dengan media sosial semua bidang bisnis akan ditampilkan
dengan desain yang sama untuk berbagai macam jenis bisnis online. Jadi tidak
terlihat identitas khas dari produk bisnis onlinenya. Lain halnya dengan website.
Punya bisnis Boba? Es kopi
kekinian? Pakaian? Aksesoris? Tidak perlu khawatir! Semua bisnis bisa
diaplikasikan pada website dengan desain tampilan yang berbeda-beda sesuai
jenis bisnisnya dan jadikan desain tampilan website sebagai identitas
khas yang tidak dimiliki produk lain.
UNTUK UPDATE KEGIATAN
BISNIS
Pelaku bisnis perlu membagikan berita kegiatan proses
bisnisnya di website sebagai salah satu cara menjaga komunikasi agar tetap terhubung
dengan pembeli dan pelanggan setianya.
Di website pemilik bisnis online juga bisa menerbitkan tulisan berisi tentang update produk baru atau artikel-artikel edukasi berupa tips-tips dan tutorial yang bermanfaat bagi konsumen serta mendukung produk yang dijual.
Di website pemilik bisnis online juga bisa menerbitkan tulisan berisi tentang update produk baru atau artikel-artikel edukasi berupa tips-tips dan tutorial yang bermanfaat bagi konsumen serta mendukung produk yang dijual.
![]() |
| Laman Blog di Website Qwords.com |
ADA CUSTOMER
CARE
Beban kerjaan menjawab bawelnya pelanggan terbantu dengan
adanya layanan customer care di website. Selain itu juga bisa menghadirkan
laman FAQ, pertanyaan-pertanyaan apa saja yang sering ditanyakan pelanggan,
jadi pemilik bisnis online tidak perlu lagi menjawab pertanyaan-pertanyaan yang
sama setiap saat. Pelanggan hanya perlu membuka laman customer care pada
website dan langsung dapat memilih layanan apa yang dimau.
![]() |
| Laman Customer Care Qwords.com |
LEWATI BISNIS LAIN
Coba lihat pelaku bisnis lain yang sudah menengah atau sukses.
Mereka mempunyai website resmi untuk memperluas area pemasaran bisnis. Satu
kekuatan yang bisa dimaksimalkan untuk bersaing dan merebut pasar mereka adalah
dengan membangun sebuah website resmi yang berkualitas. Yang dapat diakses dengan cepat.
PUNYA EMAIL PROFESIONAL
Email jadi terlihat profesional ketika tidak menggunakan
domain gratis. Dengan memiliki website, pemilik bisnis online sekaligus bisa
memiliki email dengan domainnya sendiri. Sehingga terlihat
profesional dan meningkatkan kredibilitas di mata calon pembeli maupun
pelanggan setia.
Dengan menggunakan email domain sendiri juga memudahkan
pelanggan dalam mendapat informasi yang valid tentang produk terbaru, promosi,
dan informasi penting lainnya.
![]() |
| Fitur hebat dan profesional |
MENJALANKAN BISNIS SESUKA
HATI
Saat menjual produk masih menumpang pada platform atau toko
orang lain tentu harus tunduk pada syarat dan ketentuan yang berlaku pada toko
tersebut. Itu menjadikan pemilik bisnis online tidak bisa leluasa menerapkan
gaya bisnisnya dalam menentukan harga produknya, cara pembayarannya, hingga
cara pengiriman barangnya.
Jika pemilik bisnis online memiliki website sendiri, hal
tersebut tidak akan terjadi. Disini pemilik bisnis online bebas menentukan gaya
bisnis onlinenya sesuka hati. Bebas mengatur seperti apa etalase produknya agar
unik, kreatif dan efektif. Sehingga pelanggan mudah untuk memilih produk yang
diinginkan dan kepuasan pelanggan dapat tercapai.
JADI, TAU KAN PERAN WEBSITE DALAM BISNIS ONLINE ?
Nah, pada website itu juga perlu alamat dan nama biar orang tidak nyasar sewaktu mencari produk kita. Untuk mendapatkan alamat toko sekaligus mengamankan nama brandnya tersebut, pemilik bisnis online harus beli domain.
Setelah memiliki alamat toko atau domainnya, agar bisa berjualan dan dapat diakses oleh banyak orang secara online perlu web hosting. Website berkualitas dengan web hosting yang cepat dan dapat diandalkan adalah suatu kebutuhan primer untuk menaikkan reputasi bisnis online. Sehingga dapat memenangkan persaingan.
Untuk urusan web hostingnya percayakan saja pada Hosting Indonesia yang sudah menjadi Top 5 Cloud Web Hosting Provider. Memberikan
beragam paket layanan cloud web hosting dengan spesifikasi yang bisa disesuikan
dengan kebutuhan pelanggannya.
Qwords, Hosting Indonesia yang cocok menjadi partner dan dapat diandalkan untuk melayani kebutuhan web hosting website para pemilik bisnis online di seluruh dunia. Apapun bisnisnya #OnlineinAja.
Qwords, Hosting Indonesia yang cocok menjadi partner dan dapat diandalkan untuk melayani kebutuhan web hosting website para pemilik bisnis online di seluruh dunia. Apapun bisnisnya #OnlineinAja.
-SEEYOUU
When
I See You (*)
Kenapa Harus Punya Website
Di tulisan ini, aku mau ngeshare pengalaman pada suatu sore
yang hujan di awal bulan Maret. Padahal aku perlu banget ke ATM untuk transfer
pembayaran makan bulananku, kok hujan sih. Kalo nggak transfer, nggak makan
ntar aku. Udah jomblo, nggak makan lagi. Kan kasian.. 😅😅
Karena nggak bisa keluar aku cuma bisa nyecroll-nyecroll menu di gawai. Terus aku iseng-iseng buka apps
nya satu-satu. Kok pas aku buka OVO, di menu OVO ID, ada keterangan gini..
Langsung dong aku iseng pencet “UPGRADE”. Terus di page itu disuruh nge-photo KTP/Paspor dan foto selfie dengan memegang kartu tsb. Nggak lama nunggu, palingan 10 menitan, dapet email kalo proses upgradenya berhasil. Langsung aku coba lihat di OVO ID lagi, dann..
Super cepat prosesnya! Sekarang aku bisa transfer uang makan bulananku tanpa perlu ke ATM lagi. Gini step-stepnya:
Aku pilih menu Transfer,
Sampai di page transfer, bisa pilih nih mau transfer ke sesama ovo; via scan; atau transfer ke rekening bank. Kalo mau transfer ke sesama ovo tinggal masukkan nama penerimanya, ini juga bisa kamu pilih dari kontak di smartphone, kayak kita mau kirim sms gitulah. Kayak gini penampakannya..
Misalnya mau via scan. Tinggal pilih aja scan terus pindai QR Code si penerima yang mau ditransfer. Kayak gini penampakannya..
Nah, yang ini yang aku butuhkan saat ini. Aku butuh transfer ke rekening bank. Aku pilih rekening bank, kemudian pilih bank tujuan yang mau ditransfer. Ada 90-an bank yang bisa, buanyak banget pokoknya. Setelah pilih bank tujuan, masukkan nomor rekening tujuan, terus kalo perlu kasih pesan atau catatan di transfermu itu. Jangan lupa masukkan nominalnya juga yang mau ditransfer berapa. Seperti ini penampakannya..
Setelah itu konfirmasi dan pastikan transfernya ke tujuan yang benar. Kayak gini visualnya..
Kalau sudah yakin dan benar, pencet deh transfer. Taraaaa…
Transfernya berhasil. Selesai. Pembayaran makan bulananku
sudah terbayar lunas tanpa aku harus meninggalkan kegiatanku rebahan di
kasur kesayangan dan tanpa biaya admin sepeserpun.
-SEEYOUU
When
I See You
Transfer Makin Mudah dengan OVO
Dari Serang terus Karawang dan kemudian Tasikmalaya. Ajang kopi darat NET Good People berlanjut ke Kediri. Kegiatan berjudul Kopdar 2.0 NET Good People ini berlasung kece parah di The Way Out Coffee & Gallery.
Seperti di kota sebelumnya kegiatan ini dibuka untuk umum dan gratis, jadi tidak hanya untuk member NET Good People Kediri aja yang bisa mengikuti acara kece ini. Kemarin ada perwakilan NET Good People Pasurusan dan Malang juga yang ikut gabung di Kopdar 2.0
Kopdar 2.0 ini kegiatan yang diadakan pihak NET sebagai wadah bertemunya
NET Good People dengan para punggawa NET, untuk sharing seputaran broadcasting
dan industri media digital serta mengenal lebih dekat program-program NET.
Oiya, Kopdar 2.0 NET Good People Kediri kemarin itu kita beruntung banget bisa kedatangan beberapa punggawa NET Pusat dan NET Biro Jatim serta seorang NET Good People yang pernah magang di kantor NET Pusat.
Oiya, Kopdar 2.0 NET Good People Kediri kemarin itu kita beruntung banget bisa kedatangan beberapa punggawa NET Pusat dan NET Biro Jatim serta seorang NET Good People yang pernah magang di kantor NET Pusat.
Kuecee pol!!
Rangkaian acara kece sukses terlaksana, hari pun semakin
gelap. Sebelum menyudahi Kopdar 2.0 NET Good People Kediri dan berpisah dengan
para punggawa NET Pusat kita evalusi dulu demi next event yang lebih kece!
Nah, diakhir postingan ini aku sertakan video keseruan Kopdar 2.0 NET Good People Kediri biar kalian juga bisa merasakan keseruannya. Makanya yuk ditonton!
-SEEYOUU
When
I See you
Kopdar 2.0
Langganan:
Komentar
(
Atom
)

























