photo: unsplash

Kapan wisuda? Lama banget?
Udah berapa tahun kuliah?
Jangan molor lo ya!

Kadang bingung dengan orang-orang. Kalau ada yang lulus lama biasa tuh ditanyain begitu kan. Bikin kayak ada rasa malu, minder gitukan jadinya kenapa belum lulus-lulus.

Terus maksudnya ya kenapa sih orang-orang ini kayak tidak mengerti bahwa setiap orang itu punya timeline nya masing-masing. Tidak bisa dipukul rata seperti itu. Sepertinya sudah mendarah daging di masyarakat lingkungan ini nih ya. Yang kuliah itu maksimal 4 tahun, kalau lebih bearti ya emang bego. Selesai kuliah itu harus pegawai negeri, kerja itu di bumn, kerja kantoran. bla bla bla bla...

Dan anehnya itu, seolah memandang aneh terhadap orang yang lulus lama. Aku percaya setiap individu memiliki timeline nya masing-masing yang nggak sesuai seragam. Bisa aja dia tidak lulus 4 tahun ya karena dia ada rencana lain yang berbeda dengan timeline orang-orang yang seragam. Dan penyeragaman ini pasti ada, tapi kalo kita nggak sesuai ya gapapa dong? memangnya kenapa? gapapa kan harusnya?

Misal gini lulus SMA di umur 17 atau 18, terus masuk kuliah di umur 18, lulus di umur 22, kemudian kerja di umur 22, 23 s.d 25, terus di umur 26 nikah. Seperti itu kan biasanya seragamnya orang Indonesia.

Aku sendiri meng-iya-kan itu ada. Banyak yang mengikuti kayak gitu, yang sesuai seragam di tempatnya masing-masing, tapi kalau melihat orang yang lulusnya di umur 25, nikahnya di umur 30, ya kenapa tidak? karena aku percaya pasti orang tersebut ada alasan gitu dibalik itu. Setiap orang punya alasannya sendiri-sendiri. Terlepas dari orang tersebut males atau apa, ya.

Pernah iseng tanya temenku, kenapa lulus lama? Lulus lama karena tidak sesuai passion, jawabnya. Baliknya ke passion, passion, passion.

Nah sekarang, kuliah pasti dibiayai orang tua dong. Ya, meskipun nggak semua tapi kebanyakan begitu kan. Lalu, kenapa kok nggak selesai-in kuliahnya terus baru nyari passion-nya ntar setelah lulus kuliah. Karena tanggungjawabnya kan emang untuk saat ini nyelesai-in kuliah?

Ya emang tidak salah. Tapi itu kembali dengan idealisme masing-masing orang. Kalau idealismeku, karena idealnya untuk mencari jaringan buat menemukan hal-hal yang sesuai dengan passion itu adalah membangun dari saat di masa kuliah. Nah, kalau misal menyelesaikan kuliah dulu baru berkecimpung di passion itu akan susah. karena ketika selesai lulus kuliah itu semua kembali dari nol lagi.



-SEEYOUU
When I See You (*)

Pertanyaan Kapan Lulus



Mau jadi Youtuber, Pak!

Masih inget? Saat ada seorang anak SD menjawab kepada Presiden ketika ditanya apa cita-citanya. YouTube sekarang ini memang sedang jadi fenomena. Tapi tidak semua orang suka tampil di depan kamera. Namun, nyaris semua orang bisa bicara. Bukan sebuah kebetulan jika ada sejumlah Youtuber yang kini juga memiliki channel podcast.

video: YouTube CNN Indonesia


Pernah ada yang dengar podcast?

Ya, podcast memang populer akhir-akhir ini di khalayak ramai. Eh nggak tau deng, ntah aku nya yang baru tau atau emang udah populer dari dulu. Podcast itu episode program yang tersedia di internet. Podcast biasanya rekaman asli audio atau video, kuliah, seminar, talkshow, curcol atau acara lain. Jadi topik yang dibahas disini juga beragam banget.

Aku sering dengerin podcast dari channelnya Radio FM dan Bena Kribo. Keduanya itu kontennya beda. Yang satu tentang news and entertainment ya obrolan-obrolan warung kopi gitu, yang satunya tentang motivational things for the yougsters and so on gitu lah.

Jadi kenapa podcast ini menjadi masa depan konten?


  • Pertama, Akrab dan personal. Medium paling akrab dengan kita ya audio karena manusia kebanyakan berkomunikasi dengan berbicara dan mendengar.

  • Kedua, “Gambarnya” lebih keren. Tidak jarangkan ketika kamu mendengarkan orang bercerita tentang indomie dobel plus telor ditambah cabe 5, akan lebih menggoda ketimbang melihat gambarnya. Karena imajinasi kita jauh lebih canggih daripada kamera paling canggih.

  • Ketiga, Bisa disambi dan tidak suka ngatur. Masihkan kamu mau diatur untuk mengkonsumsi media pada jam tertentu? Podcast ini bersifat on demand, jadi kamu bisa mendengarkan podcast sesuai dengan waktumu dan tanpa diharuskan selalu menatap layar / monitor.

  • Keempat, Cepat dan Hemat. Konten audio lebih cepat diakses (tanpa harus buffering) dan lebih hemat kuota 🤣🤣

Satu hal: podcast perlahan tapi pasti mulai populer di Indonesia. I think, itu yang bisa aku share saat ini.


-SEEYOUU
When I See You (*)

Podcast Masa Depan Konten




Sinau – Menikmati teh sambil membaca ditemani pemandangan sawah.

Pada suatu sabtu sore di bulan Maret aku dan teman-teman seperjuangan, sesama jomblo, berencana ngopi di Kopi Joss. Namun, selepas maghrib kok grimis dan jarak tempuh ke lokasi Kopi Joss juga lumayan jauh, yang ada kita nyampe sana malah kembloh, akhirnya kita urungkan saja.

Untungnya punya teman seorang ‘Akamsi’, dia ngajak kita buat nyobain tempat baru. Bukan hanya baru denger namanya dan baru kesana, tapi emang baru soft opening dan grand opening.

Kedai Teh S I N A U


Yup! Kedai teh ini terletak di Panggungharjo, kecamatan Sewon, Bantul, DI Yogyakarta. Aku juga baru tau ini. Ternyata ada juga toh rumah bagi penikmat teh. Dimana aku dulu juga pecandu teh sebelum berani mendekati dan mencoba kopi kayak anak – anak indie.

Layaknya kopi. Teh juga mempunyai ragam jenis dengan ke-khas-an masing-masing. Mulai dari Teh Melati / Teh Vanilla, Signature, Premium dan Mix.
          
Aneka macam Teh Mawar / Vanilla. Photo: kedaitehsinau

Signature. Photo: kedaitehsinau

Sambil nge-teh kita juga bisa membaca buku yang disediakan kedai teh sinau. Ada buku desain, seni, dan arsitektur. Selain itu kita bisa diskusi, kolaborasi, maupun pameran karya dengan suasana ruang, furniture, dan pemandangan alami disini.

Keren!!!
          
Kedai teh SINAU

Suasana malam hari

Kamu penikmat teh waktu maen ke Yogyakarta harus mampir kesini. Cobain sendiri kenyamanannya!

          Video: kedaitehsinau



-SEEYOUU
When I See You (*)

Kedai Teh, Ruang Baca dan Diskusi

Qwords cloud web hosting


Di era digital ini banyak media digunakan pelaku bisnis untuk menjalakan aktivitas bisnisnya. Tidak terkecuali media sosial (medsos) yang sangat menguntungkan karena memudahkan dalam memasarkan produk. Seorang pemilik bisnis online yang berjualan produknya menggunakan media sosial, pasti sangat kesal kan kalau mengalami kejadian-kejadian seperti berikut.

Saat ada calon pembeli menanyakan seluruh informasi produk yang mau dibeli, nanya ini itu, dan minta dihitungkan sekalian. Namun setelah mengetahui harga totalnya malah tidak jadi transfer dan menghilang tanpa kabar.

Atau pada saat ada pesan masuk di malam hari, minta dibalasnya cepat, minta gratis ongkos kirim dan maunya sehari barang sudah sampai. Kan bikin pusing malam-malam, tidur malam jadi tidak nyenyak.

Yang lebih parah lagi, saat di postingan produk sudah tertulis detail ukuran, harga, stok serta bahannya tetapi masih juga nanya dan nawar di chat. Dijelasin malah dikira ketus.

Sebagai pelaku bisnis online tentu tidak mau dong letih dan lelah merespon hal seperti itu terus-terusan. Maka perlu strategi agar bisnis online bisa efektif, semakin berkembang dan mendapat hasil maksimal. Salah satunya dengan memiliki sebuah website resmi.

Kenapa harus website?

Layaknya berjualan di dunia nyata, berjualan di dunia maya juga butuh sebuah kios atau toko. Dalam hal ini website bisa menjadi asset yang sangat penting. Karena berfungsi sebagai toko untuk pemilik bisnis online di dunia maya.

Selain itu, kalau toko di dunia nyata mungkin harus ada karyawan dan jam kerja terbatas. Pada website, karyawan bekerja 24 jam 7 hari siang malam berbicara dengan calon pembeli dan memenuhi kebutuhan mereka secara online.

Ouh... jadi itu alasan kenapa pelaku bisnis online harus memiliki website? Tidak cuma itu dong! Ada beberapa peran website yang menjadi alasan lain dari berbagai pelaku bisnis yang sukses dengan mempunyai sebuah website resmi.

PEMBELI LEBIH PERCAYA

Orang yang akan membeli televisi pasti pergi ke toko elektronik dengan tanda nama toko dan dalamnya dipajang televisi, kipas angin, mesin cuci dan produk elektronik lainnya. Bayangkan tokonya tidak ada ciri-ciri atau tanda kalau itu sebuah toko elektronik, bisa dipastikan orang tersebut ragu apakah ini betul toko elektronik.

Kalau di internet, website adalah tujuan pertama yang didatangi oleh orang tersebut. Maka ketika sudah memiliki website resmi untuk produk pada bisnis online, calon pembeli akan yakin bahwa tokonya nyata adanya dan terpercaya.

Saya menanyakan hal ini kepada lima orang teman yang kerap berbelanja online. Hasilnya tiga dari lima teman saya menjawab lebih yakin dan suka produk yang memiliki website resmi. Saya sendiri sebelum memutuskan untuk membeli suatu produk juga suka melakukan kunjungan ke website resmi produk yang bersangkutan guna memeriksa spesifikasi bahan, harga, sampai cara pembayaran dan pengirimannya.

BISA UNTUK BISNIS APA SAJA

Kalau dengan media sosial semua bidang bisnis akan ditampilkan dengan desain yang sama untuk berbagai macam jenis bisnis online. Jadi tidak terlihat identitas khas dari produk bisnis onlinenya. Lain halnya dengan website.

Punya bisnis Boba? Es kopi kekinian? Pakaian? Aksesoris? Tidak perlu khawatir! Semua bisnis bisa diaplikasikan pada website dengan desain tampilan yang berbeda-beda sesuai jenis bisnisnya dan jadikan desain tampilan website sebagai identitas khas yang tidak dimiliki produk lain.

UNTUK UPDATE KEGIATAN BISNIS

Pelaku bisnis perlu membagikan berita kegiatan proses bisnisnya di website sebagai salah satu cara menjaga komunikasi agar tetap terhubung dengan pembeli dan pelanggan setianya.

Di website pemilik bisnis online juga bisa menerbitkan tulisan berisi tentang update produk baru atau artikel-artikel edukasi berupa tips-tips dan tutorial yang bermanfaat bagi konsumen serta mendukung produk yang dijual.


Laman blog di website Qwords.com
Laman Blog di Website Qwords.com


ADA CUSTOMER CARE

Beban kerjaan menjawab bawelnya pelanggan terbantu dengan adanya layanan customer care di website. Selain itu juga bisa menghadirkan laman FAQ, pertanyaan-pertanyaan apa saja yang sering ditanyakan pelanggan, jadi pemilik bisnis online tidak perlu lagi menjawab pertanyaan-pertanyaan yang sama setiap saat. Pelanggan hanya perlu membuka laman customer care pada website dan langsung dapat memilih layanan apa yang dimau.


Laman Customer Care Qwords.com
Laman Customer Care Qwords.com


LEWATI BISNIS LAIN

Coba lihat pelaku bisnis lain yang sudah menengah atau sukses. Mereka mempunyai website resmi untuk memperluas area pemasaran bisnis. Satu kekuatan yang bisa dimaksimalkan untuk bersaing dan merebut pasar mereka adalah dengan membangun sebuah website resmi yang berkualitas. Yang dapat diakses dengan cepat.

PUNYA EMAIL PROFESIONAL

Email jadi terlihat profesional ketika tidak menggunakan domain gratis. Dengan memiliki website, pemilik bisnis online sekaligus bisa memiliki email dengan domainnya sendiri. Sehingga terlihat profesional dan meningkatkan kredibilitas di mata calon pembeli maupun pelanggan setia.

Dengan menggunakan email domain sendiri juga memudahkan pelanggan dalam mendapat informasi yang valid tentang produk terbaru, promosi, dan informasi penting lainnya.


Fitur hebat dan profesional
Fitur hebat dan profesional


MENJALANKAN BISNIS SESUKA HATI

Saat menjual produk masih menumpang pada platform atau toko orang lain tentu harus tunduk pada syarat dan ketentuan yang berlaku pada toko tersebut. Itu menjadikan pemilik bisnis online tidak bisa leluasa menerapkan gaya bisnisnya dalam menentukan harga produknya, cara pembayarannya, hingga cara pengiriman barangnya.

Jika pemilik bisnis online memiliki website sendiri, hal tersebut tidak akan terjadi. Disini pemilik bisnis online bebas menentukan gaya bisnis onlinenya sesuka hati. Bebas mengatur seperti apa etalase produknya agar unik, kreatif dan efektif. Sehingga pelanggan mudah untuk memilih produk yang diinginkan dan kepuasan pelanggan dapat tercapai.


JADI, TAU KAN PERAN WEBSITE DALAM BISNIS ONLINE ?


Nah, pada website itu juga perlu alamat dan nama biar orang tidak nyasar sewaktu mencari produk kita. Untuk mendapatkan alamat toko sekaligus mengamankan nama brandnya tersebut, pemilik bisnis online harus beli domain.

Setelah memiliki alamat toko atau domainnya, agar bisa berjualan dan dapat diakses oleh banyak orang secara online perlu web hosting. Website berkualitas dengan web hosting yang cepat dan dapat diandalkan adalah suatu kebutuhan primer untuk menaikkan reputasi bisnis online. Sehingga dapat memenangkan persaingan.


QWords Cloud Web Hosting
Qwords.com

Untuk urusan web hostingnya percayakan saja pada Hosting Indonesia yang sudah menjadi Top 5 Cloud Web Hosting Provider. Memberikan beragam paket layanan cloud web hosting dengan spesifikasi yang bisa disesuikan dengan kebutuhan pelanggannya.

Qwords, Hosting Indonesia yang cocok menjadi partner dan dapat diandalkan untuk melayani kebutuhan web hosting website para pemilik bisnis online di seluruh dunia. Apapun bisnisnya #OnlineinAja.




-SEEYOUU
When I See You (*)

Kenapa Harus Punya Website



Di tulisan ini, aku mau ngeshare pengalaman pada suatu sore yang hujan di awal bulan Maret. Padahal aku perlu banget ke ATM untuk transfer pembayaran makan bulananku, kok hujan sih. Kalo nggak transfer, nggak makan ntar aku. Udah jomblo, nggak makan lagi. Kan kasian.. 😅😅

Karena nggak bisa keluar aku cuma bisa nyecroll-nyecroll menu di gawai. Terus aku iseng-iseng buka apps nya satu-satu. Kok pas aku buka OVO, di menu OVO ID, ada keterangan gini..
           
Screenshoot OVO ID

Langsung dong aku iseng pencet “UPGRADE”. Terus di page itu disuruh nge-photo KTP/Paspor dan foto selfie dengan memegang kartu tsb. Nggak lama nunggu, palingan 10 menitan, dapet email kalo proses upgradenya berhasil. Langsung aku coba lihat di OVO ID lagi, dann..
          
Statusnya berubah ke OVO Premier

Super cepat prosesnya! Sekarang aku bisa transfer uang makan bulananku tanpa perlu ke ATM lagi. Gini step-stepnya:

Aku pilih menu Transfer,
         
Home page apps OVO

Sampai di page transfer, bisa pilih nih mau transfer ke sesama ovo; via scan; atau transfer ke rekening bank. Kalo mau transfer ke sesama ovo tinggal masukkan nama penerimanya, ini juga bisa kamu pilih dari kontak di smartphone, kayak kita mau kirim sms gitulah. Kayak gini penampakannya..
          
Screenshoot transfer antar ovo

Misalnya mau via scan. Tinggal pilih aja scan terus pindai QR Code si penerima yang mau ditransfer. Kayak gini penampakannya..
          
Arahin kameranya ke QR Code doi jangan ke mukanya

Nah, yang ini yang aku butuhkan saat ini. Aku butuh transfer ke rekening bank. Aku pilih rekening bank, kemudian pilih bank tujuan yang mau ditransfer. Ada 90-an bank yang bisa, buanyak banget pokoknya. Setelah pilih bank tujuan, masukkan nomor rekening tujuan, terus kalo perlu kasih pesan atau catatan di transfermu itu. Jangan lupa masukkan nominalnya juga yang mau ditransfer berapa. Seperti ini penampakannya..
          
Screenshoot transfer ke rekening bank

Setelah itu konfirmasi dan pastikan transfernya ke tujuan yang benar. Kayak gini visualnya..
Diteliti ulang jangan sampe keliru

Kalau sudah yakin dan benar, pencet deh transfer. Taraaaa…
Screenshoot kalo berhasil

Transfernya berhasil. Selesai. Pembayaran makan bulananku sudah terbayar lunas tanpa aku harus meninggalkan kegiatanku rebahan di kasur kesayangan dan tanpa biaya admin sepeserpun.


-SEEYOUU
When I See You

Transfer Makin Mudah dengan OVO



Dari Serang terus Karawang dan kemudian Tasikmalaya. Ajang kopi darat NET Good People berlanjut ke Kediri. Kegiatan berjudul Kopdar 2.0 NET Good People ini berlasung kece parah di The Way Out Coffee & Gallery.
         
Cafe-nya Kuece nda!!

Penampakan The Way Out Cafe


Ieyge-able pol kan

Seperti di kota sebelumnya kegiatan ini dibuka untuk umum dan gratis, jadi tidak hanya untuk member NET Good People Kediri aja yang bisa mengikuti acara kece ini. Kemarin ada perwakilan NET Good People Pasurusan dan Malang juga yang ikut gabung di Kopdar 2.0

Kopdar 2.0 ini kegiatan yang diadakan pihak NET sebagai wadah bertemunya NET Good People dengan para punggawa NET, untuk sharing seputaran broadcasting dan industri media digital serta mengenal lebih dekat program-program NET.

Oiya, Kopdar 2.0 NET Good People Kediri kemarin itu kita beruntung banget bisa kedatangan beberapa punggawa NET Pusat dan NET Biro Jatim serta seorang NET Good People yang pernah magang di kantor NET Pusat.

Kuecee pol!! 
          
Yooo selfiee
Rangkaian acara kece sukses terlaksana, hari pun semakin gelap. Sebelum menyudahi Kopdar 2.0 NET Good People Kediri dan berpisah dengan para punggawa NET Pusat kita evalusi dulu demi next event yang lebih kece!
          
Evaluasi kece

Nah, diakhir postingan ini aku sertakan video keseruan Kopdar 2.0 NET Good People Kediri biar kalian juga bisa merasakan keseruannya. Makanya yuk ditonton!



-SEEYOUU
When I See you

Kopdar 2.0